Bagi orangtua mana pun, hari pertama anak Anda berdiri untuk pertama kalinya adalah kesempatan yang menyenangkan. Tapi sebaik apapun dia akan berdiri sendiri, dan mengambil langkah pertamanya, dan akhirnya berlari dan melompat, dia juga akan jatuh banyak. Ketika anak-anak jatuh, mereka terkadang jatuh di wajah mereka dan mematahkan gigi. Akhirnya, ketika mereka mulai bermain olahraga, tabrakan dengan anak-anak lain dan peralatan olahraga menjadi kekhawatiran. Sekitar 30% anak-anak akan mengalami trauma pada gigi bayi mereka dan sekitar 1 dari 5 akan mengalami trauma pada gigi permanen mereka pada usia 14 tahun.

 

Jadi apa yang Anda lakukan ketika anak Anda jatuh terbentur pada bagian wajah lebih dulu? Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa mereka tidak mengalami cedera otak – perhatikan rasa sakit, pusing, mual, lesu, dan muntah. Jika Anda khawatir, pergilah ke unit gawat darurat terdekat.

 

Setelah Anda memutuskan bahwa cedera hanya terbatas pada daerah gigi, temui dokter gigi Anda sesegera mungkin. Jenis cedera gigi yang paling umum adalah mahkota gigi yang patah. Dokter gigi dapat melakukan perawatan dan mengembalikan bentuk gigi patah menjadi utuh alami. Namun jika gigi sampai lepas dan Anda dapat menemukan gigi yang hilang, dokter gigi Anda kadang-kadang dapat mengikatnya kembali ke gigi. Tetapi jika Anda tidak dapat menemukannya, jangan khawatir, dokter gigi akan menjelaskan berbagai alternatif rencana perawatan agar dapat mengembalikan penampilan Anda seperti sediakala.

 

Tentu saja, lebih baik untuk mencegah cedera pada anak-anak kita jika kita bisa. Hal-hal yang masuk akal termasuk menggunakan seat belt anak di mobil, penggunaan helm ketika mengendarai sepeda, dan pelindung mulut adalah suatu keharusan untuk semua olahraga fisik seperti sepak bola, bola basket dan hoki.

 

Dokter gigi d’Dental Care dapat memberikan penyuluhan pertolongan pertama gigi di sekolah kepada siswa dan orangtua sehingga kita semua memiliki pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat ketika terjadi benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi.