Pernahkah Anda mengunyah sesendok atau es krim dan merasa sakit atau ngilu? Jika itu yang terjadi, Anda memiliki gigi yang sensitif terhadap makanan dingin. Ada dua kategori sensitivitas gigi ini.

Jenis pertama sensitivitas pada dingin adalah akibat plak dan pada akhirnya menyebabkan kerusakan gigi dan jaringan gusi. Kepekaan yang disebabkan oleh kerusakan gigi dan penyakit gusi sering memperburuk rasa sakit bahkan ketika tidak minum atau makan makanan dingin atau minuman seperti es krim atau es teh. Dengan plak yang menumpuk di gigi Anda, sensitivitas gigi, kerusakan gigi dan penyakit gusi bisa semakin terjadi.

Gigi sensitif-dingin juga berhubungan dengan menyikat gigi dengan tekanan berlebihan. Jika Anda menyikat gigi terlalu kuat, Anda berisiko mengikis email gigi (lapisan luar gigi) yang merupakan bagian terpenting dan terkuat dalam perlindungan gigi. Menyikat lembut dengan sikat lembut akan membantu mencegah erosi pada email gigi.

Makanan asam seperti jeruk , kopi dan minuman berkarbonasi ikut memicu gigi sensitif.  Bilas mulut Anda dengan air setelah mengkonsumsi makanan ini.

Apa mekanisme sensitivitas gigi? Sebuah penyebab umum dari kedua jenis sensitivitas gigi adalah erosi permukaan gigi yang menyebabkan tereksposnya “dentin” dan saraf di bawah gigi Anda. Saraf sangat sensitif ketika menggigit, kontak dengan makanan, dan menyentuh makanan/minuman dingin seperti es krim dapat menstimulasi dan menyebabkan rasa sakit.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK GIGI SENSITIF? KAPAN SEBAIKNYA ANDA MENDAPAT DOKTER GIGI?

Jika Anda memiliki gigi sensitif, Anda dapat mencoba menggunakan pasta gigi sensitif ,  jika  sensitivitas gigi tidak hilang dalam beberapa hari, itu menandakan sudah terjadi kerusakan lebih lanjut sehingga harus diperiksakan ke dokter gigi.

Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi d’Dental Care.

APA YANG DAPAT DILAKUKAN DOKTER GIGI D’DENTAL CARE CLINIC?

Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan dan menetapkan diagnosa serta mellakukan perawatan yang tepat.

Di antara perawatan yang dapat dilakukan adalah mengaplikasikan Sealant untuk menutupi retakan di gigi Anda dan memberikan resep gel khusus dan pasta gigi yang mengandung fluoride dan desensitizing agents untuk membatasi rasa sakit.

D’ Dental Care di Jatibening dan Jatiasih, Bekasi, memiliki dokter gigi berpengalaman yang dapat memeriksa dan merawat gigi sensitif Anda.