TANYA : Kita sudah terbiasa melihat orang-orang memakai behel hari ini. Apakah semua orang membutuhkannya? Kenapa mereka harus memakai behel?

JAWAB : Orang memakai behel karena berbagai alasan. Alasan paling umum untuk perawatan orthodonti, yaitu untuk meluruskan gigi yang berantakan , terlalu maju atau terlalu mundur sehingga gigitan menjadi tidak pas dan makanan tidak dapat diproses dengan baik.

Gigitan yang tidak baik juga akan mengakibatkan gangguan pada sendi rahang , gangguan pada otot wajah dan leher disertai migrain.

.

.

TANYA: Kapan saat yang tepat untuk memulai memakai behel?

JAWAB : Bagi kebanyakan orang dengan gigi berantakan  tetapi pertumbuhan rahang normal, perawatan dapat dimulai ketika sebagian besar gigi permanen keluar. Ini biasanya terjadi antara usia 11 hingga 13 tahun.

Namun, ada beberapa contoh ketika tindakan dini diperlukan. Beberapa anak mengalami pertumbuhan rahang yang tidak normal. Beberapa memiliki masalah dengan gigi permanen, baik karena kurangnya ruang atau salah arah gigi. Dalam situasi seperti ini, perawatan kawat gigi dini diperlukan untuk membantu pertumbuhan rahang atau gigi. Ini dapat terjadi kapan saja dari usia 7 hingga 11 tahun.

.

.

TANYA: Apakah behel hanya untuk remaja? Apakah saya terlalu tua untuk kawat gigi?

JAWAB : Pemasangan behel umumnya dilakukan selama masa remaja. Masa itu adalah usia yang baik karena pergerakan gigi lebih efisien/cepat pada pasien yang lebih muda. Selain itu, potensi pertumbuhan pada remaja dapat bermanfaat selama perawatan kawat gigi.

Orang dewasa juga bisa mendapat manfaat dari kawat gigi karena tidak ada batasan usia. Gigi juga dapat dirapikan dan diluruskan dengan sukses di masa dewasa.

.

.

TANYA: Saya ingin meluruskan gigi tetapi saya kurang pas sepertinya menggunakan kawat gigi tradisional. Apakah ada opsi lain yang tersedia?

JAWAB :Dengan semakin banyak orang menggunakan behel saat ini, sering ada kekhawatiran tentang visibilitas kawat gigi yang terlalu mencolok atau tidak estetis pada gigi mereka. Di d’Dental Care, ada banyak pilihan jenis bahan dan tipe behel . Mulai dari braces ukuran mini , metal, ceramic , atau yang paling favorit adalah braces saphire yang bening transparan sehingga sekilas tidak tampak seperti menggunakan behel. Ada juga jenis behel Damon dengan sistem self ligating yang tidak menggunakan tambahan karet sehingga lebih efisian dan waktu kontrol tidak perlu terlalu sering namun durasi perawatan lebih singkat.

.

.

TANYA : Saya telah mendengar bahwa retainer orthodonti / alat penahan perlu dikenakan setelah perawatan behel. Mengapa demikian?

JAWAB : Ketika gigi sudah rapi sesuai dengan yang diinginkan ,perawatan orthodontik belum sepenuhnya selesai. Gigi yang telah dipindahkan ke posisi baru memiliki kecenderungan untuk berubah posisi / sedikit  kembali ke posisi semula karena tulang baru belum padat dan  gusi di sekitarnya stabil.

Untuk meminimalkan kecenderungan ini, retainer/ alat penahan dikenakan di atas gigi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah rapi sampai tulang dan jaringan di sekitarnya stabil.

Retainer ada yg jenis cekat dan ada yang lepasan. Jenis lepasan dalam beberapa bulan pertama, alat penahan perlu dipakai sepanjang hari, dan bisa dicopot hanya saat makan dan menyikat gigi. Ketika posisi gigi semakin stabil setelah beberapa bulan, alat penahan boleh hanya dipakai pada malam hari.

.

Tim dokter gigi berpengalaman dari d’Dental Care Clinic siap untuk membantu Anda yang ingin tahu lebih detail lagi terkait behel/kawat gigi. Hubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis.