CABUT GIGI

______

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang. Evaluasi kesehatan perlu dilakukan secara hati-hati sebelum pencabutan gigi dilakukan, seperti pada pembedahan kecil lainnya. Penanganan rasa sakit dilakukan juga pada tindakan ini, untuk menjaga pasien tetap dalam kenyamanan maksimum.

Alasan Pencabutan Gigi
Menjaga gigi tetap sehat dan merawat fungsi mulut untuk mengunyah secara tepat merupakan alasan estetika yang penting. Gigi tetap (seperangkat gigi yang tumbuh setelah gigi susu tanggal) akan ada seumur hidup. Namun, ada beberapa alasan dan kasus di mana pencabutan gigi diperlukan, antara lain:

Rusak – Gigi yang mengalami kerusakan parah akibat pembusukan atau luka dan tidak dapat lagi diperbaikan melalui tindakan perbaikan, harus dicabut. Jika tidak dicabut, gigi ini dapat membawa rasa sakit yang tertahankan dan ketidaknyamanan.
Mulut penuh – Dokter gigi akan mencabut gigi untuk memastikan gigi merata secara tepat, saat gigi sudah tidak muat lagi di dalam mulut.
Gigi Tumbuh secara Tidak Tepat (Impaksi) – Gigi geraham bungsu perlu dicabut jika tumbuh secara tidak normal atau tumbuh pada posisi yang salah.
Infeksi – Gigi yang rusak atau busuk dapat menjalar ke pulpa, yang terletak di tengah gigi dan terhubung dengan saraf serta pembuluh darah. Saat bakteri memasuki pulpa, infeksi dapat terjadi dan memburuk. Hanya pencabutan gigi atau terapi akar gigi yang menjadi pilihan untuk mencegah penyebaran infeksi.
Resiko Infeksi – Pasien yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu (seperti penderita kanker atau pasien yang menerima donor organ) mungkin perlu melakukan pencabutan pada gigi tertentu untuk mencegah risiko infeksi.
Periodontal atau Penyakit Gusi – Masalah gusi yang parah dapat menyebabkan infeksi pada gusi, jaringan, dan tulang yang menopang atau berada di sekitar gigi. Pencabutan gigi biasanya disarankan, untuk mencegah infeksi menjadi semakin parah.
Tujuan Kecantikan – Sebagian orang ingin melakukan pencabutan gigi untuk mengangkat gigi yang tidak enak dilihat, seperti gigi yang mengalami pewarnaan endogen karena merokok.

KONSULTASI GRATIS

Masalah kesehatan gigi sering terlupakan. Periksa gigi dan konsultasi gratis dengan menghubungi kami di :